Friday, March 29, 2013

SRENGAT DALAM SEJARAH



SRENGAT adalah salh satu kecamatan yang berada di kabupaten BLITAR bagian barat, tepatnya 13 km dari pusat kota BLITAR. SRENGAT merupakan salah satu kecamatan yang mempunyai penduduk terpadat di kabupaten BLITAR bagian barat. Tapi tahu kah anda bahwa dahulu SRENGAT adalah sebuah kawedanan (sekelas kota kabupaten) yang mana kantor kawedanannya sekarang telah diubah menjadi KANTOR IMIGRASI di Blitar.



Adapun sejarah dari kecamatan SRENGAT yang berhasil saya himpun dari  beberapa situs dan berikut sejarahnya

 Berdasarkan beberapa catatan yang ada "RAPPORTEN COMMISE IN NEDHERLANSCH INDIE", BATAVIA 1908 dan beberapa situs candi MLERI dan candi PETAPAN pada tahun 1220 tahun SAKA atau 1198 masehi telah membuktikan bahwa daerah SRENGAT dan sekitarnya termasuk dalam daerah yang sudah tua sekali, dan pernah menjadi lalulintas perjalanan sejarah.

Dan juga ada pula sebuah peninggalan makam COKRO MANGGOLO YUDH di gunung pegat bagian paling barat, yang mana dia adalah salah satu senopati dari PANGERAN DIPONEGORO ketika perang DIPONEGORO pada tahun 1925-1930.

Di situ pula ada makam RADEN SOETEDJA (gunung pegat sebelah barat atas) yang merupakan seorang WEDANA yang pertama.

Sejak dahulu kawedanan ditempati oleh seorang yang memegang pemerintahan yang disebut WEDANA. kurang lebih tahun 1800an kawedanan SRENGAT pernah menjadi pusat pemerintahan kabupaten BLITAR , dan bupatinya terkenal dengan sebutan BUPATI SRENGAT. KAWEDANAN srengat ini berdampingan dengan kantor pegadaian bangunan BELANDA pada tahun 1902, yang merupakan cagar budaya bukti pendukung aset BUDAYA di SRENGAT pada masa penjajahan belanda 1602-1945.

Sejarah SRENGAT ini bermula pada masa kerjaan KEDIRI (1042-1222M) yang pernah pecah jadi 2 kerajaan yakni kerajaan JENGGALA yang pusat pemerintahan di SINGOSARI dan kerajaan PANJALU yang pusat pemerintahanya di DHAHA, dan telah mencapai puncak pada masa Raja JAYABAYA (1135-1157). Pada masa ini kedua kerajaan bisa menyatu kembali setelah 70 tahun lamanya dilanda peperangan saudara. Menyatunya 2 kerajaan ini terjadi ketika bertemunya PANJI INU KERTAPATI dengan SRI DEWI GALUH CANDRA KIRANA yang melahirkan seorang pangeran yang bergelar PRABU JAYABAYA yang sangat ahli dalam ilmu  FUTURISTIC yaitu ahli melihat masa depan.

Kerajaan KEDIRI berakhir pada masa kepemimpinan KERTAJAYA (1185-1222M) yang mana pada peristiwa GANTER 1222M  sang raja digulingkan oleh seorang pemuda yang bernama KEN AROK.

Setelah itu..........bersambung dulu ya ke SRENGAT DALAM SEJARAH dua

No comments:

Post a Comment

MARI BERSATU N BERSAMA MEMBANGUN BLITAR RAYA MENJADI LEBIH MAJU