Friday, March 29, 2013

SRENGAT DALAM SEJARAH 2

kemarin telah saya tuliskan tentang sebagian dari SRENGAT DALAM SEJARAH sekarang saya akan melanjutkan tulisan saya kemarin yaaaa....

 Tulisan ini saya awali dari setelah peristiwa GANTER tahun 1222m yang mana sang raja telah di gulingkan oleh seorang pemuda yang bernama KEN AROK.

Dan kemudian KEN AROK menobatkan dirinya menjadi seorang Raja pertama SINGOSARI di tahun 1222M dengan gelar SRI RANGGA RAJASA BATHARA SANG AMURWABHUMI (1222-1227M) selama 5 tahun saja.
Dia di bunuh oleh putranya sendiri yaitu ANUSAPATI, melalui seorang pengalasan. Setelah itu, ANUSAPATI di bunuh oleh TOH JAYA dan pada masa pemerintahan TOHJAYA ini banyak sekali ditentang karena dia dianggap tidak tidak berhak, baru kemudian dia di gantikan RANGGAWUNI sebagai raja SINGOSARI yang ke III tahun 1248-1288M. Didalam pemerintahanya telah mengangkat putranya KERTANEGARA menjadi raja muda pada tahun 1268-1292m.

Ketika wafatnya Raja RANGGAWUNI tahun 1288 inilah sebagai tanda bukti nyata berdasarkan fakta bahwa daerah SRENGAT tergolong  dalam kawasan  situs sejarah karena abunya RANGGAWUNI disemayamkan di kompleks CANDI MLERI Srengat. DAn juga abunya sebagian lagi di semayamkan di CANDI JAGO Tumpang MAlang.

Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk membangun sebuah candi sangat lama bahkan hingga puluhan tahun lamanya, jelas pembangunan ini di mulai sebelum wafatnya RAJA RANGGAWUNI tahun 1288.

Dan inilah suatu tanda bukti bahwa pada masa pembangunanya telah terjadi arus lalu lintas kunjungan  dan persinggahan orang2 kerajaan di daerah SRENGAT.

Berakhirnya kerajaan SINGOSARI tahun 1292M karena pada tahun ini raja KERTANEGARA  dibunuh oleh JAYAKATWANG dari Kediri. 

Setelah itu munculah kerajaan baru yaitu MAJAPAHIT (WILWATIKTA) yang didirikan oleh RADEN WIJAYA keturunan dari KENDEDES dengan KEN AROK tahun 1294M. RADEN WIJAYA beristrikan GAYAPUTRI putri RAJA KERTANEGARA ( keturunan dari KEN DEDES dan TUNGGUL AMETUNG) jadi keduanya adalah keturan dari KENDEDES.

Sedangkan KENDEDES sendiri adalah wanita keturunan HINDUSTAN ayahnya seorang pendeta hindu  EMPU PURWA sedang  KENDEDES sendiri adalah seorang BHIKSUNI.

Dalam teori kepemimpinan dan genetika LEADER IS BORN, KENDEDES  di takdirkan menjadi sumber keturunan RAS unggul yang kemudian telah melahirkan Raja-raja besar di tanah JAWA dan menyebar keseluruh wilayah NUSANTARA, SINGAPURA, MALAYSIA, dan BRUNAI dan berkembang biak  hingga berlanjut sampai jaman sekarang.

Dari analisa latar belakang Kerajaan KEDIRI dan SINGOSARI ini membuktikan bahwa SRENGAT sebagai situs sejarah dan menjadi arus lalu lintas kerajaan, walaupun dahulu namanya kemungkinan belum SRENGAT. Sementara Candi MLERI  sendiri sebenarnya situsnya tidak sekecil seperti saat ini, bahkan bisa sangat luas sekali dan kemungkinan terdapat areal permukiman serta ada aktifitas ritual keagamaan dan kunjungan kerajaan  baik ke candi MLERI maupun CANDI PERTAPAN ada di gunung Pegat bagiaan timur sebelah atas.

 Selain itu adanya benda - benda purbakala yang masih sering di temukan di halaman pekarangan penduduk membuktikan bahwa daerah ini sangat penting dan terkenal pada zaman dahulu.

demikianlah sedikit sejarah yang dapat saya sajikan kepada para pembaca sekalian. 
terima kasih saya ucapkan kepada sumber

No comments:

Post a Comment

MARI BERSATU N BERSAMA MEMBANGUN BLITAR RAYA MENJADI LEBIH MAJU