Monday, April 22, 2013

MAKAM ARYO BLITAR

Situs pemakaman ARYO BLITAR adlah sebuah komplek pemakaman/ tempat peristirahatan terakhir dari Adipati BLITAR yaitu ARYO BLITAR. Pemakaman ini terletak di wilayah kecamatan SUKOREJO kota BLITAR.

Lokasi tepatnya yaitu jalan Pamungkur Kelurahan BLITAR, kecamatan SUKOREJO, Kota BLITAR atau sebelah barat daya kurang lebih 2KM dari pusat kota BLITAR.


ARYO BLITAR sendiri sebenarnya mempunyai nama asli GUSTI SOEDOMO. diangkat menjadi K.G.P. ADIPATI HARYO BALITAR 1, dia adalah paman dari HAMENGKU BUWONO 1( PANGERAN MANGKUBUMI ) raja dari Keraton NGAYOGYOKARTO. ADIPATI ARYO BALITAR sendiri diyakini sebagai Pendiri ( pepunden ) BLITAR.


Disetiap malam jumat legi dan dibulan ASYURO, makam ini banyak di ZIARAHI para wisatawan baik lokal Blitar atupun luar daerah dengan berbagai tujuan yang intinya untuk mendapatkan berkah.

Pada bulan ASYURO tepatnya malam jumat pahing diadakan sebuah ritual sesaji dan doa yang dilaksanakan oleh pemerintahan kota dan kabupaten BLITAR,  serta masyarakat umum. pada acara ini juga diadakan beberapa acara pendukung lainnya yaitu pagelaran WAYANG KULIT yang diiringi GAMELAN KANJENG KIAI MADULARAS.


Sedangkan untuk acara bulanan yaitu pada hari jumat pahing dan sabtu pahing, masyarakat banyak yang mengadakan ritual dan doa menurut kepercayaan masing2 dengan tujuan Ngalap berkah.

No comments:

Post a Comment

MARI BERSATU N BERSAMA MEMBANGUN BLITAR RAYA MENJADI LEBIH MAJU